Balada Saat Santap Sahur

April 09, 2022

Sahur menjadi salah satu bagian penting dalam berpuasa dimana kita akan makan dan minum saat dini hari untuk menjalankan ibadah puasa. Kita sebagai umat muslim yang ingin berpuasa memang disunnahkan untuk sahur dan bukan wajib yah.

Apalagi sahur bagi umat Islam memiliki ke utamaan seperri mendapat kemenangan besar, membiasakan diri bangun agar bisa melasanakan salat tahajjud, memiliki waktu merenung, waktu doa mustajab, menjalani sunah Rasulullah SAW, hingga menjadi pembeda anatar kita sebagai umat muslim dengan umat Yahudi dan Nasrani.

Sayangnya, bangun sahur butuh effort yang besar bagi saya yang susah banget dibangunin kalo lagi tidur. Duh, mulai curhat deh wkwkwk...

Baca juga:

RASAKAN MANFAAT KURMA DENGAN MENCOBA 5 RESEP OLAHAN KURMA

RESTORAN FASTFOOD ANDALAN SAAT PESAN ONLINE

BPN RAMADAN 2021

Susah Bangun Sahur

Entah kenapa dari dulu sampai sekarang itu, saya masih susah buat bangun sahur padahal sudah sudah umur 30an tapi masih saja begini gak berubah-ubah. Sudah setel alarm berkali-kali juga gak terllau ngefek. Akhirnya orang rumah yang jadi alarm sahur deh. Malah orang rumah tuh kalo bangunin buat sahur bisa sampai 2-3 kali, itupun ngumpulin nyawa buat bangun jadi la banget. Pernah sih dibangunin sekali langsung bangun tapi jarang banget terjadi.

Malah saking susah dibangunin eh tahu-tahu sudah adzan subuh. Itu bisa beberapa kali. Lah~ sudah lewat dong waktu sahurnya. Kalo di rumah sih mending karena pasti ada yang bangunin tapi waktu ngekost mah yah wassalam.

Nih, saya ceritain sedikit yah. Dulu waktu ngekost di Bogor kan pernah merasakan puasa disana. Tahun pertama sih aman karena ada teman kostan emang selalu sigap dan ngetok pintu kamar sambil manggil buat sahur. Pokoknya dia gak bakal tinggalin depan pintu kamar sampai saya nyautin kalo udah bangun. Telaten banget yah sampai-sampai saya sahurnya rutin paling gak sekali dua kali baru gak sahur. Tahun kedua puasa di sana berbeda karena teman ngekost yang dulu udah beres kuliahnya dan wisuda jadi sudah bali ke kampung halaman. Teman ngekost yang baru mah sama aja susah bangun sahur sampai sering banget sampai gak sahur. Biasalah~ balada anak kostan.

Menu Praktis dari Menu Buka Puasa

Saat sahur emang rada-rada complicated sih soalnya lagi enak tidur eh malah disuruh bangun. Ngumpulin nyawa tuh susah. Belum lagi kalo baru bangun leher rada serek gitu makanya biar melek dan bisa makan sahur saya biasakan buat minur segelas air putih dulu baru deh makan.

Makanya saat bukan puasa emang sudah dibiasakan kalo masak saat sore hari buat buka puasa sudah sekalian buat sahur nantinya karena lebih hemat soal waktu, tenaga dan sebagainya sehingga jadi lebih efesien sih menurutku. Makanya saat bangun langsung ke meja makan aja gak perlu repot-repot lagi buat masak. 

Menu di Situasi Mendesak

Kadang kala meskipun sudah masak sekalian buat buka puasa dan sahur tapi ternyata makanannya laris manie euy alias habis. Jadi, mau gak mau harus tetap masak saat sahur. Apalagi kalo dalam situasi sudah bangun sahur eh tapi udah mepet waktunya buat imsak. Jadi, penting banget buat memperhitungkan waktu masak jangan sampai kelamaan masaknya entar malah jadi gak makan sahur gara-gara sudah keburu imsak.

Biasanya kalo sudah kayak gitu sih pasti milih buat siapin menu sederhana nan praktis buat sahur. Nah, kalo saya sih ada beberapa plihan biasanya kalo sudah kayak gini dan yang waktu masaknya gak lama. Paling sekitar lima menitan lah buatnya.

Telur

Telur emang menu paling praktis karena masaknya gak ribet. Paling sering sih telurnya dibuat omelet atau telur dadar. Tinggal dikocok lepas agar kuning dan putih telurnya tercampur merata, tambahkan garam dan merica biar rasanya lebih mantap. Kalo gak lagi mager biasanya siapin potongan bawang merah, ditumis lalu tuang deh adonan kocokan telur tadi. Saya tambahin tomat, daun bawang, dan bawang prei juga kalo masih ada stok di rumah.

Mie instan

Salah satu menu andalanku lainnya adalah mie instan. Entah kepepet atau pun nggak. Setiap puasa pasti ada aja waktunya cuma makan mie instan doang. Apalagi kalo yah berkuah makin nendang lagi. Enak banget rasanya kalo makan mie instan yang berkuah saat sahur. Kuah mienya yang hangat pas banget sama cuaca dingin saat bangun sahur jadi terasa segar di lidah dan tenggorokan.

Bakso

Biasanya kalo bakso buat dikonsumsi di rumah itu beli bakso kiloan. Emak memang ada langganan beli bakso kiloan dan emamg enak baksonya. Baksonya juga ada beberapa varian mulai dari bakso biasa, isi keju, bakso urat, bakso tahu dan kerupun pun ada. Sayang aja tempatnya lumayan jauh, bisa sekitar sejam dari rumah. Makanya kalo beli tuh sekalian banyakan. Bisanya pas mau lebaran, saat puasa, atau buat acara jamuan di rumah. 

Apalagi baksonya sudah sekalian sama bumbu, daun bawang, jeruk nipis, dan sambalnya. Jadi, pas mau dimakan tinggal didihkan air dengan bakso dan bumbunya. Memang enak banget makan makanan berkuah saat sahur tuh apalagi dimakan saat baksonya masih hangat.

Setelah Sahur

Setelah makan sahur, saya biasanya langsung ke kamar lagi atau kadang-kadang langsung beresin meja makan dan dapur kalo lagi rajin baru deh ke kamar. 

Saya kan orangnya tuh morning person alias sudah biasa bangun di pagi hari, bukan subuh person yah. Jadi, habis sahur tidur dulu terus bangun lagi saat sudah subuh. Pas di kamar main hp dulu sebentar sekitar setengah jam gitu deh sambil nurunin biar makanan di perut tuh di proses dulu. Gak baik loh kalo habis makan langaung tidur karena biasa memicu asam lambung. Saat ini biasanya lagi ngederaft buat tulisan BPN Ramadan 2022.

Kalo misalnya sahurnya sudah kepepet mau imsak alias bentar lagi subuh mah sudah gak tidur. Paling entar tidunya jam pas agak siangan aja.

Soal kebiasaan saya tidur sehabis sahur ini sih sudah ada perubahan. Dulu paling gak bisa kalo gak langsung tidur setelah makan sahur bahkan sampe pagi. Berhubung sudah tahu kalo tidur pagi gak baik buat kesehatan dan rejeki jadi beberapa tahun terakhir ini membiasakan diri buat tidurnya cuma sampai saat subuh saja dan jangan sampai kembali ke kebiasaan suku yang selalu tidur pagi.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF