Lebih Memilih Untuk Ngabuburit di Rumah

April 04, 2022

Puasa dan ngabuburit emang gak bisa dipisahkan karena gimanapun kalo puasa pasti akan ngabuburit entah dengan kegiatan apa pun itu. Kegiatannya pun tergantung dari pribadi masing-masing. Bisa beda bisa juga sama. Gak masalah. Soal asyik dan tidak asyik itu soal selera jadi gak ada yang benar dan salah. 

Namun, seiring berjalannya waktu referensi ngabuburit terasyik menurutku menjadi berubah-ubah. Waktu masih bocah suka pergi ke masjid komplek buat buka puasa bersama tapi sekarang malah lebih suka di rumah aja. Perubahan seperti ini juga hal yang lumrah aja sih menurutku selama lebih banyak manfaat dibanding mudharatnya. Berjalannya waktu memang dapat mengubah pandangan dan selera, ditambah dengan pengalaman sebelumnya sehingga membuat ngabuburit asyik menurutku yang juga berubah. 

Sempat dibuat bingung oleh tantangan BPN Ramadan 2022 mau nulis apa tentang ngabuburit asyik. Ternyata pandanganku aja yang berubah. 

Baca juga:

CERITA RANDOM BERPUASA SAAT PANDEMI

MASIH PUASA PERTAMA UDAH MIKIRIN BUKBER ALL YOU CAN EAT DIMANA

BPN RAMADAN 2021

Jadi gini...

Dulu

Beda saat dulu saya masih kecil kayak waktu SD hingga SMP yang kalo ngabuburit sukanya yah di luar sambil main. Dari dulu hingga sebelum adanya pandemi kan di masjid komplek selalu ngadain buka puasa bersama dimana warga komplek saling bergantian membawa dan menyiapkan takjil untuk berbuka puasa. 

Nah, ngabuburit waktu kecil yah bantu nyiapin hidangan buka puasanya. Bisaa dibilang hampir tiap hari selama bulan puasa pasti pergi ke masjid. Kalo pun lagi gak puasa yah bisa icip-icip kalo gak dilihat orang. Maklum aja waktu itu masih bocah. Kalo misalnya yang bawa takjil belum datang atau malah takjill udah siap dihidangkan yah lanjut main di lapangan depan masjid. Bahkan kadang kala sampai lari-lari sampai capek. Bengek banget emang. Yah gimana bocah pada umumnya yang tahunya cuma main. Itupun main lari-lari waktu belum jago puasa karena masih belajar berpuasa. Pas udah mulai puasa full udah jarang main lari-lari lagi. Entar keburu dehidrasi lah jadi ngabuburtinya tetap di masjid bantu nyiapin takjil kalo udah beres paling duduk-duduk di hamparan takjil.

Namun, makin beranjak remaja sudah mulai malu dan malas buat datang buka puasa di masjid. Saat SMA, saya mulai jarang datang lagi ke masjid kecuali diajakin emak. Apalagi saat kuliah wohoo makin jarang lagi deh. Emang cuma di rumah ngabuburitnya. Kalo gak paling bareng teman sekali dua kali doang.

Sekarang

Kalo sekarang? Jangan ditanya lagi. Jangankan ngabuburit, gak puasa aja pengennya di rumah aja sambil leyeh-leyeh. Pengen santai aja gitu.

Mungkin karena faktor umur juga kali yah padahal masih dalam kategori usia dewasa muda. Cuma ya itu sekarang makin mager. Kalo bisa dilakukan di rumah yah di rumah aja. Kalo pun harus keluar rumah yah diusahain sekali aja jadi semuanya dirapel jadi lebih hemat waktu, tenaga dan uang. Termasuk juga kayak ngabuburit.

Apalagi sekarang ini kan kita sekarang udah dilonggarkan untuk bisa pergi kemana pun tapi dengan catatan yah harus nerapin protokol kesehatan. Nah, longgarnya ini tuh berdampak banget sama disini, Kota Makassar. Sudah beberapa bulan ini Makassar jadi banyak titik macet yang bikin malas keluar.

Makanya, yah ngabuburit yah di rumah aja. Sekitar jam 4 sore setelah selesai Shalat Ashar langsung menuju dapur. Apalagi kalo bukan menyiapkan hidangan berbuka puasa mulai dari takjill sampai makanan berat. Ya gitu deh, ngabuburit di rumah yah nyiapin buat buka puasa. Setelah makanan siap baru deh mandi biar saat buka puasa udah segar. Kalo misalnya masih banyak waktu sebelum berbuka jadi bisa main hp. Biasa~ scroll sana sini, browsing sana sini.

Cuma ada pengecualian. Kadang kala senagai anak rumahan yang notabene lebih suka dan mengusahakan segala sesuatu di dan dari rumah juga perlu refreshing. Oleh karena itu, menerima ajakan bukber dari teman menjadi agenda yang boleh dilewati meskipun cuma sekali dua kali. Bukbernya jadi bisa sekalian ngabuburit sambil ngumpul dan bercerita karena emang jarang ngumpul lagi. Kalo misalnya bukbernya di rumah yah sambil bantuin siapin buka puasa. Nah, kalo bukbernya di luar seperti restoran yah ngabuburtnya sambil ngobrol sampai kadamg menjurus ke ghibah, ooops.

Kadang kala, teman-teman juga mengusulkan ngabuburit dengan kegiatan amal. Biar ngabuburitnya berfaedah dan dapat pahala deh jadinya. Gak sering sih paling cuma sekali dua kali doang. Dulu pernah ada. Kalo dari teman kuliah itu ada bagi- bagi takjil buka puasa di pinggir jalan untuk para musafir. Kalo dari teman SMA alias ADSPACT itu kegiatannya bagi-bagi sembako untuk kaum duafa. Nah, dananya ini dari kita-kita aja jadi terserah mau berapa dan gak ada batas minimal atau maksimal. Kangen juga dengan kegiatan amal kayak gitu karena gak setiap tahun bisa dilaksanakan karena harus menyesuaikan dengan waktu masing-masing. 

Eh, tahun ini teman-teman ADSPACT udah rencanain mau kegiatan amal lagi sih dengan bagi sembako Mudah-mudahan bisa terlaksana dan bisa terjun langsung. Perlu persiapan sih mulai dari ngumpulin donasi dari teman-teman, beli sembako, ngedata yang mau diberikan bantuan sampai dibagikan. Keren sih karena mereka bentuk panitia buat ngurusin kegiatan amal ini. Panitia ever after karena apapun yang jadi agenda ADSPACT pokoknya orang-orang itu yang paling aktif bergerak. Saya tim support dan haha hehe aja. 

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF