Pilih Monetize nan Santuy Blog, Santuy Tapi Tetap Dapat Duit

April 16, 2022

Jika ditanya di antara Monetize Blog vs Santuy Blog yang mana harus saya pilih? Maka saya akan mengambil jalur diplomasi alias jalan tengah dimana saya bisa tetap me-monetize blog tapi tetap pengen santuy. Santuy tapi tetap dapat duit maksudnya.

Pilih monetize yah karena kita memang butuh duit. Realistis aja sih! Buat yang pengen ngeblog kan butuh duit. Kayak saya nih misalnya internetan butuh duit buat bayar paket internet atau wifi, ada juga biaya beli domain untuk domain TLD. Bahkan yang blogger yang lain sampai beli template blog yang harganya bisa ratusan ribu.

Kalo soal santuynya yah karena belajarnya buat ngeblog pelan-pelan aja gak usah terburu-buru dan menikmati proses belajar dan berkembangnya blog saya ini sampai bisa menghasilkan uang.

Baca juga:

MAKIN AMBISIUS, 6 TUJUAN SAYA TETAP MEMILIH NGEBLOG

MASIH TETAP SETIA DENGAN PLATFORM BLOGGER

BPN RAMADAN 2021

Monetize dan aindhae

Sebenarnya ada berbagai cara agar blog bisa monetize mulai dari program periklanan seperti Adsense, menjual produk baik fisik maupun digital, paid partnership, serta dengan afiliasi dan lainya. Semua cara itu ada plus minusnya.

Saat ini setidaknya baru 2 cara yang saya lakukan untuk memonetize blog ini yaitu dengan Adsense dan paid partnership. Semoga monetize yang lain bisa nyusul deh.

Saya ceritain aja deh gimana saya bisa dapat duit dari ngeblog deh. 

Paid Partnership

Pertama kali mendapatkan penawaran untuk paid partnership dari sebuah brand skin care itu di tahun 2021 lalu tepatnya setelah 1,5 tahun memulai ngeblog. Awalnya kagok juga dibuatnya karena langsung ditanyai rate card. Mana belum tahu kagi jadi buru-buru deh browsing, pelajari gimana cara buatnya, dan jadi deh akhirnya meskipun terlalu kaku. Ya maklum lah baru pertama kali. Sayangnya, mereha hit and run di tengah diskusi karena gak sesuai dengan salah satu ketentuan rate car yang saya ajukan yang semoat saya lihat dari pesannya sebelum dihapus. Padahal kan nego aja dulu. Habis itu hak ngehubungin lagi. Ya udah lah ya emang belum rejeki.

Baru di tahun 2022 ini saya bisa merasakan gimana caranya mendapatkan cuan dari ngeblog. Butuh setidaknya 2 tahun 5 bulan agar bisa mendapatkan penawaran kerja sama untuk dalam bentuk paid partnership (disebut juga sponsor post) dan masih dari salah satu brand skin care lokal. Rate card-nya aaya naikin dikit dari sebelumnya tapi masih kisaran normal sih setekah browsing dan akhirnya kerja samanya berlanjut. Agak deg-degan takutnya mereka bakal nolak karena syarat dari saya emang gak sebanyak saat pertama kali diajakin kerja sama dan memang saya ingin menunjukkan bahwa kerja sama kami masih bisa dibicarakan dulu kok. Alhamdulillah, diterima dan masing-masing setuju paid partnership-nya dalam bentuk artikel review. Jadi, saya bisa dibayar dan juga dikirimin produknya dengan ongkos kirim juga ditanggung oleh mereka. Duh, senang banget mana bukan ini mereka ngajakin kerja sama buat produk lainnya.

Terakhir ada yang ngehubungin lewat Instagram katanya dari UMKM mau kerja sama tapi pas ku kasih rate card dan nanya 1-2 lah kalo gak salah. Habis itu gak ngehubungin lagi. Mungkin kemahalan kali yah soalnya kunaikin lagi tuh rate card-nya. Pas ingat dari UMKM mau kuberi diskon tapi gak dihubungin lagi jadi yah lewat aja.

Adsense

Adsense nih kategori monetize yang udah lumayan lama banget buat diterima dan lama pula buat gajian. Saya butuh beberapa bulan baru bisa diterima. Untung bukan setahun nunggunya, keburu putus asa kayaknya deh. Bingung juga awalnya cara bisa diterima Adsense sampai akhirnya bisa tahu celahnya dan blog saya yang lainnya yaitu ibenteu.com yang hanya butuh setengah bulan sejak dibuat untuk diterima oleh Adsense. Heheh...

Sayangnya Adsense gak bisa dijadikan sumber utama buat yang nyari duit soalnya perkembangannya lama banget buat terima duit. Persaingan makin susah apalagi kata blogger yang sudah sepuh kalo Adsense mengalami perubahan entag algoritma atau apalah jadi semakin kecil yang diterima. Mencairkan duitnya juga ada batasnya sebanyak 100$. Yah, kalo dirupiahin sekitar Rp. 1.300.000. Tapi kok saya lihat masih ada juga sih yang terima sampai ratusan ribu rupiah setiap bulannya dari Adsense. Mungkin tergantung blognya juga yah. Eh, berarti blogku masih cupu dong wkwkwk.

Yah gimana, perbulan paling banyak dapat belasan ribu. Kapan gajiannya coba? Iya sih, kontentenya harus diperbaiki dan diperbanyak lagi agar page view-nya banyak dan yang ngeklik juga banyak. Ya gimana lagi,  Adsense ini dijadiin buat tabungan di saat tak terduga yang mungkin bisa ditarik beberaoa tahun ke depan.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF