3 Menu Praktisku Saat Berbuka Puasa

April 05, 2022

Puasa kadang menjadikan kita menjadi extra maupun over dalam mempersiapkan hidangan berbuka puasa mulai dari takjill hingga makanan berat. Namun, kadang kala kita akan dihadapkan di situasi dimana kita harus menyiapkan hidangan buka puasa yang praktis entah karena kesibukan ataupun sudah keburu adzan magrib hingga membuat waktu untuk memasak hidangan buka puasa menjadi terbatas. Alhasil menu praktis berbuka puasa biasanya menjadi pilihan.

Sejujurnya saya memang mendukung hal yang praktis termasuk soal makanan dan cara mengelolanya. Dengan alasan mengefesienkan waktu saya sangat menyukan makanan yang masaknya tuh gak ribet meskipun kata mager lebih cocok digunakan.

Masih hari ke-4 puasa nih tapi tetap harus semangat puasanya sampai sebulan penuh sambil ikutan BPN Ramadan 2022.

Baca juga:

ALASAN LEBIH MEMILIH UNTUK NGABUBURIT DI RUMAH

CERITA RANDOM BERPUASA SAAT PANDEMI

BPN RAMADAN 2021

Buah

Buah bisa menjadi pilihan sebagai menu buka puasa praktis. Tak hanya praktis, buah menjadi sumber nutrisi penting yang dibutuhkan bagi tubuh mulai dari air, vitamin, serat dan berbagai zat nutiris lainnya yang dapat mendukung tubuh terutama dalam menjalankan puasa. Sungguh sehat dan segar.

Berbagai buahan dapat dijadikan santanpan berbuka puasa bersama. Boleh hanya sejenis ataupun kombinasi berbagai buah-buahan juga boleh. Mulai dari pepaya, apel, pear, anggur, naga dan masih banyak lagi yang bisa dipilih. Hmm, kalo durian bisa jadi menu buka puasa praktis gak sih? Hahah~ durian emang enak sih cuma kalo saya yang kulitin kayakya jadi ribet alias gak praktis lagi deh.

Nah, ada satu buah yang identik banget dengan ramadan kalo di daerahku yaitu Timun Suri tapi kalo kita sih sebutnya Malewa. Malewa ini berbentuk lonjong seperti semangka namun kulitnya berwarna kuning dan dagung buah berwarna putih susu denganbtekstur yang sangat lembut.

Kalo bisa dimakan begitu doang tinggal dibikin jadi es buah, salad buah atau berbagai macam olahan buah lainnya. Cuma kalo diolah gitu kadang kala jadi gak praktis lagi.

Mie Instan

Siapa sih gak kenal makanan satu ini. Makanan simple nan murah yang jadi andalan anak kostan se-Indonesia bahkan emak-emak di rumah kalo dalam keadaan kepepet. Ada berbagai merek dan varian mie instan yang ada di Indonesia bahkan mie instan dari mancanegara juga ikut memeriahkan dunie per-mie-an lidah Indonesia dengan iming-iming rasa yang berbeda dari rasa yang pernah ada. Meskipun mie instan Indonesia pasti menang dari segi rasa dan harga bahkan sampai menjadi mie instan favorit di beberapa negara lainnya. Wow kan!

Cuma perlu mendidihkan air lalu tuang mie sembari menunggu 2-3 menit manfaatkan dengan menuang bumbu ke piring atau mangkok. Matikan kompor, tuang dan aduk deh minya agar bumbu merata. Saking sederhanyanya mie instan ini gak jarang jadi menu buka puasa bahkan menu sehari-hari yang gak cukup 5 menit sudah jadi dan siap disantap.

Sayangnya, yang instan-instan memang kalo dikonsumsi setiap hari juga gak baik termasuk mie instan ini. Apalagi emak emang ngewanti-wanti orang rumah kalo jangan banyak konsumsi mie instan. Kalopun iya usahain ada tambahan asupan nutrisi seperti protein dan vitamin. Bisa sayur hijau, telur, sosis, jamur, atau apapun deh sesuai selera. 

Berhubung mie instan makanan kemasan jadi sudha pasti ada pewarna, perasa, pengawet buatannya makanya sekarang jadi lebih aware dan nyetok paling 1-2 bungkus biar gak khilaf makannya.

Padahal dulu waktu kostan sering khilaf makan mie instan gak cukup satu dan hampir tiap hari selama bulan puasa makannya mie instan mulu. Sekarang, aja mulai nyadar jadi ekstra dikurangi. 

Kalo mie instan andalanku dan jadi rekemendasi mie instan dari saya sih Mie Coto Makassar dari merek mie instan Indonesia yang sudah mendunia, apalagi kalo bukan Indomie. Mie Coto Makassar ini merupakan varian spesial yang hanya diproduksi oleh pabrik Indomie di Sulawesi Selatan. Rasanya sih cukup otentik dengan rasa asli Coto yang khas dari Makassar meskipun rasanya gak seperti dulu lagi deh. Mie instan merek lain juga gak kalah sih cuma hanya varian tertentu yang jadi favorit. Kalo dibahas bisa panjang banget.

Menu Paling Praktis

Ada satu lagi sih menu buka puasa yang paling praktis. Tahu gak apa? Yah, BELI! Tinggal siapin duit dan beli deh deh tuh makanan untuk berbuka puasa. Mau dine in atau makan di tempat? Boleh. Mau take away atau bungkus juga silahkan. Sekarang ini kan sudah banyak jasa pesan antar makanan yang bisa dinikmati. Tinggal pilih, pesan dan tunggu deh di rumah. Kalo gak mau keluar rumah mah juga gampang. Bisa beli makanan lewat online tuh bisa lebih murah karena ada berbagai promo yang bisa digunakan sehingga bisa mengurangi biaya yang harus dibayar. 

Momen bulan puasa kayak gini tuh emang saat berjamurnya penjual makanan mulai dari makanan berat dan makanan ringan serta minuman. Mulai dari es buah, jajanan pasar, sayur masak, nasi, dan berbagai makanan lainnya. Namun, jangan lupa perhatikan kebersihannya agar kesehatan selama puasa tetap terjaga yah.

Kalo dipikir-pikir bicara soal praktis atau tidaknya menu berbuka puasa bukan hanya cara membuat dan waktu masaknya deh tapi tergantung siapa yang buat. Praktis kalo bukan saya yang buat, begitu pula sebaliknya.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF