5 Kegiatan Nan Berfaedah yang Saya Lakukan Saat Ramadan

April 10, 2022

Ramadan yang hanya datang sekali setiap tahunnya setidaknya dengan 29 atau 39 hari seharusnya membuat kita menyadari ada berbagai hal yang bermanfaat yang bisa kita lakukan selama berpuasa. Sebagai manusia biasa kita kan tidak tahu kapan kita akan berada dalam sakaratul maut entah itu sekarang atau nanti. 

Makanya jangan pernah menyia-nyiakan kesempatan dimana kita bisa menikmati momen berpuasa. Ada banyak kegiatan yang bisa dikakukan saat berpuasa yang bisa bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain kayak saya ini yang punya target Ramadan ini harus lebih baik dari Ramadan sebelumnya dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat. Tara~ ini dia 5 kegiatan yang bermanfaat saat Ramadan yang saya lakukan.

Baca juga:

BALADA SAAT SANTAP SAHUR

RASAKAN MANFAAT KURMA DENGAN MENCOBA 5 RESEP OLAHAN KURMA

BPN RAMADAN 2021

Ibadah

Ramadan memang saat-saat paling tepat untuk memaksimalkan ibadah karena saat inilah pahaka kita akan dilipat gandakan oleh Allah SWT. Mulai dari yang wajib dulu kayak salat lima waktu baru deh tuh mengerjakan yang sunnah kayak salat sunnah sebelum dan setelah salat, tadarrus Al-quran setiap harinya apalagi kalo bisa setiap sehabis salat lima waktu, salat tarawih dan witir, bergabung dalam mejlis agama dan sebagainya. 

Ngurus Kerjaan

Puasa bukan alasan untuk gak kerja selama Ramadan. Belum mulai resmi kerja tapi lagi ngurus persiapan buat kerja. Saya menjadi salah satu orang dari sekian orang yang lulus CPNS 2021 dan sedang menanti SK penetapan sebagai CPNS di tahun 2022 ini. Sudah mulai kelihatan hilalnya, sore tadi saya dapat kabar kalo nama saya tercantum dari salah satu SKnya sudah jadi di tahap 2 buat CPNS di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan alias Kemdikbud. Sekarang harus siapin berkas buat ngirim softfile yang diminta dan hardcopy yang harus di bawa secara langsung di Universitas Sulawesi Barat tapi bingung kesananya haru sama siapa dan naik apa tapi harus tetap murah. Okey, give me a break~ sambil mikir gimana caranya?!?

Nyiapin Buka Puasa

Sudah beberapa tahun terakhir ini saya yang menyiapkan hampir semua dan setiap hari hidangan buka puasa di rumah. Paling sekali dua kali saat buka bersama bareng teman atau keluarga. Sisanya saya yang ngurusin

Awalnya sih rada malas kenapa harus saya yang ngerjain semua padahal ada adek sama kakak yang ada di rumah. Namun, perlahan mulai menyadari bahwa ini bisa menjadi momen untuk bekajar bagaimana menyiapkan menu berbuka puasa. Biar makin mahir dan selalu elaborasi saat masak kayak Master Chef di tv ituloh tapi deadline waktunya itu saat berbuka dan jurinya yah orang rumah yang makan masakan kita. Jadi, ya udahlah lihat sisi baiknya saja dan selalu berusaha buat ikhlas.

Apalagi menyiapkan hidangan buka puasa untum orang berpuasa dapat memberikan pahala seperti orang yang sedang berpuasa tanoa mengurangi puasa orang tersebut. Beramal cuy jadinya. Paling cocok dikerjain saat wanita termasuk saya sedang mengalami momen rutin bulanan yang tak lain dan tak bukan yaitu menstruasi. Dengan menyiapkan hidangan buka puasa tapi dapat pahala berpuasa padahal kagi gak puasa. Enak kan. Diganjar pahala loh. Biar saat menstruasi tapi bisa dapat pahala puasa yah gitu caranya. 

Beresin Rumah

Rumah itu ditinggali ataupun gak yah harus tetap dibersihin. Kalo rumahnya memang set tertutup yang biasanya buat ruangan ber-AC sih gak terlalu masalah kalo gak dibersihin tapk kalo rumah yang punya banyak ventilasi udara yang terbuka kayak rumahku lah maka itu wajib banget dibersihin setiap hari. Kalo perlu pagi dan sore. Soalnya setiap harinya akan ada banyak debu yang beterbangan yang masuk lewat ventilasi. Belum lagi kalo ada angin kencang yang bisa bawa lebih banyak debu bahkan sampah entah itu dedaunan, remahan dan sebagainya. Itulah salah satu alasannya kenapa rajin bersih-bersih. Soalnya saya alergi debu jadi memang kudu wajib banget bersih-beraih rumah. Kalo gak bisa bersin-bersin terus gak karuan.

Ngeblog

Lebih dari dua tahun memulai ngeblog, aindhae.com akhirnya bisa menghasilkan cuan melalui paid partnership. Meskipun bukan datang dari penawaran kerja sama yang pertama saya dapatkan akhirnya bisa juga lolos bisa dapat cuan dari ngeblog dengan mereview produk perawatan tubuh dan wajah. Oh ya, tulisan-tulisan terkait dengan paid partnership bisa dibaca di hashtag menu Advertorial.

Lumayan kan cuannya bisa dipake buat mengganti biaya sewa domain selama 3 tahun  dan itupun masih sisanya yang bisalah dipake jajan. Senang banget akhirnya bisa cuan juga ngeblognya. Makanya saya makin semangat buat ngeblog terus.

Selama bulan Ramadan, mau tetap aktif ngeblog dengan nngasih challenge buat diri sendiri  dengan ikutan lagi blog challenge dari Blogger Perempuan Network (BPN) dengan tema BPN 30 Day Ramadan Challenge 2022 yang hasil tulisannya bisa dilihat di BPN Ramadan 2022

So, kalo mau kerja sama dengan blog saya aindhae.com boleh banget loh. Langsung aja cek kontak atau bisa hubungi melalui sosial media yang ada di menu bar. Lah~ jadi promosi deh jadinya. Hihihh.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF