Menikmati Momen Berpuasa di Rumah Sembari Menanti Kabar

April 06, 2022

Alhamdulillah, di tahun 2022 ini saya masih menikmati momen puasa di rumah aja. Tahun ini juga sudah masuk tahun ketiga berpuasa di rumah lagi tapi enaknya puasa di rumah jadi masih bisa menikmati momen puasa bersama keluarga dan sekali dua kali bisa menikmati buka puasa bersam dengan keluarga lainnya dan teman-teman. 

Berhubung sebelumnya memang kerjanya kayak freelance jadi lebih fleksibel dan kebanyakan di rumah. Bulan ini pun belum dapat job lagi jadi nikmatin aja deh. Pokoknya momen puasa tahun ini harus jadi momen yang bisa saya kenang selama saya masih ada di Makassar. Mumpung belum merantau dan kerja di luar kota nih.

Baca juga:

3 MENU PRAKTISKU SAAT BERBUKA PUASA

ALASAN LEBIH MEMILIH UNTUK NGABUBURIT DI RUMAH

BPN RAMADAN 2021

Menanti Panggilan Tugas

Sejak pengumuman lulus CPNS hingga pemberkasan, saya masih menunggu SK dan panggilan dari instansi tempat saya mendaftar. Yup, puasa sembari menanti panggilan tugas dari unit kerja yang saya daftar di Universitas Sulawesi Barat, Majene.

Deg-degaan juga karena jangan sampai gak dipanggil saat masih puasa. Maunya habis lebaran ini aja soalnya lokasinya bisa 6-7 jam perjalanan dari Makassar. 

Kalo sudah waktunya kerja di Majene kan mungkin bakal jarang ke Makassar. Apalagi bisa menikmati momen puasa full selama di rumah mungkin hanya bisa di tahun ini. Kan kalo puasa gak libur kerja kecuali ada work from home (WFH) tapi situasi sekarang sudah mengarah ke normal jadi segala sesuatunya sudah mulai offline kembali. Jadi, selama masih di Makassar pengennya menikmati momen selama masih di rumah.

Kayaksih masih lama nih prosesnya sampai bisa bertugas apalagi saya daftar di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi (singkatnya dipanggil Kemdikbud aja yah) yang kalo proses rekrutmen CPNSnya udah terkenal lamaaaa dibanding instansi lainnya. Beberapa unit kerja di bawah Kemdikbud memang sudah memanggil CPNSnya namun lebih banyak lagi yang belum. Saya dapat kabar dari unit kerja saya kalo mereka aka memanggil kami, para lulusan CPNS disana saat SK pengangkatan menjadi CPNS sudah dikirim ke mereka.

Mengingat perkembangan hasil cetak SK yang bisa diakses di s.id/UpdateNIP_NIP3K2021 yang diupdate setiap Jumat sepertinya membutuhkan waktu lebih lama mengingat Kemdikbud memang merekrut dan memiliki lulusan CPNS paling banyak yaitu sekitar 7.202 orang sedangkan update per 1 April lalu bahwa SK yang telah jadi masih 1.525. Hmmm, sabar yah.

Bukan netizen Indonesia namanya kalo gak tahu celahnya. Di telegram sudah beredar cara mengecek namamu apakah termasuk dalam salah satu dari sekian orang yang sudah punya SK atau belum. Asumsinya, kalo sudah punya SK maka otomatis duah punya NIP yang tercantum di SK. Nah, tinggal masukin deh NIP ke talentpool.bkn.go.id/talentpool/konfirmasi. Cara nentuin NIPnya cukup mudah sih, 8 angka pertama diisi dengan 4 angka tahun kelahiran, 2 angka selanjutnya bulan kelahiran dan 2 angka lagi tanggal kelahiran. Kemudian memasukkan tahun dan bukan Terhitung Mulai Tanggal (TMT) dengan memasukkan tahun ini 2022 dan berdasarkan info yang beredar sih kalo Kemdibud TMT di bulan Maret. Selanjutnya jenis kelamin yang berada di karakter angka ke 15 dimana angka 1 untuk laki-laki dan 2 untuk perempuan. Sedangkan 3 digit terahir berdasarkan database CPNS atau PNS. Misalnya, 19901201 202203 2 001. Saat memasukkan NIP jika muncul data maka SK punyamu sudah jadi. Kalo bukan datamu coba di 3 digit terakhir dengan memulai angka 1. Jika sampai angka tertentu belum muncul datamu berarti SK atas namamu belum jadi.

Fokus beribadah

Menurut hadist HR. Bukhari-Muslim, amalan yang kita lakukan selama bulan puasa akan dilipatgandakan. Oleh karena itu, saya ingin memanfaatkan momen puasa ini sebaik mungkin dengan beribadah mulai dari salat, tadarrus Alquran yang saya usahakan setiap selesai salat, salat tarwih dan witir. Terutama untuk tadarrus Alquran, semoga bisa menamatkan lebih dari 1 kali selama puasa. Tahun lalu gak bisa menamatkan sekali aja karena sempat sakit di awal puasa, belum lagi dipotong waktu menstruasi jadi gak bisa tadarrus. Makanya tahun ini semangat banget tamatin Alquran lebih dari sekali.

Menyiapkan hidangan berbuka puasa untuk yang sedang berbuka juga bisa dihitung ibadah loh makanya harus dikerjain dengan ikhlas tanpa mengurangi amalan puasa orang yang dihidangkan. Jadi, kalo lagi menstruasi tuh bisa ngelakuin ini dan tetap bisa dapat pahala puasa.

Ikutan Challenge dari Blogger Perempuan Network

Akhirat jalan, duniawi juga harus jalan dong. Makanya puasa gini juga dimanfaatin buat ngeblog soalnya Blogger Perempuan Network (BPN) mempunyai agenda rutin untuk semua blogger yang bergabung dalam BPN 30 Day Ramadan Challenge 2022. Berada di rumah sepanjang waktu dan memiliki banyak waktu senggang membuat diriku ingin mengisi kegiatan berfaedah selama berpuasa dengan blog.

Tahun lalu saya berhasil menyelesaikan challenge BPN Ramadan 2021. Nah, makanya sekarang semangat banget buat ikutan challenge tahun ini yang saya kumpulkan dalam tulisan di BPN Ramadan 2022. 

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF