Ide Berburu Baju Lebaran ala aindhae

April 27, 2022

Bentar lagi lebaran nih. Tinggal menghitung hari dan semoga kita masih diberi rezeki umur dan kempatan untuk dapat merayakan ibadah salat Idul Fitri.

Biasanya tuh kalo lebaran identik gak lepas sama baju lebaran yang baru. Padahal gak harus baru sih yang penting hati kita yang bersih tapi kalo dipikir-pikir dalam sekali setahun masa' gak mau sih tampil dengan tampilan baru dan bersih padahal untuk ibadah. Biar tetap semangat ibadahnya. Itu sih filosofinya emak saya.

Makanya kalo baju lebaran itu biasanya pengen baju baru sih. Soal ide baju lebaran, modelnya kayak gimana atau warnanya harus apa tergantung situasi dan kondisi (sikon). Kadang beli atau jahit sendiri dan sekali dua kali pake baju yang lama.

Baca juga:

HANYA 2 ONLINE SHOP YANG BISA SAYA REKOMENDASIKAN

7 BLOG RECOMMENDED ALA AINDHAE

BPN RAMADAN 2021

Beli Sebelum Ramadan

Mungkin kebanyakan orang kalo beli baju lebaran itu pas bulan Ramadan sebelum lebaran tapi saya dalam beberapa tahun terakhir kalo beli baju lebaran itu sebelum Ramadan. Kenapa? Yah, karena lagi puasa itu enaknya fokus ibadah dan kerja (buat yang kerja).

Belum lagi kalo saat puasa tuh rasanya saya lemas banget makanya mager banget kalo harus keluar rumah meskipun buat beli baju lebaran. Apalagi yang doyan beli baju lebaran pas mendekati lebaran. Heran saya, betah banget desak-desakan meskipun gak semua tempat yang kayak gitu. Kalo di Makassar yang sudah jadi langganan ramai banget tuh Pasar Sentral, Pasar Senggol, Pasar Butung dan satu lagi Mall Panakkukang yang sudah kayak pasar sentral. 

Saya tuh sukanya santai di rumah. Paling gak kalo lebaran cukuplah diribetkan dengan masak masakan buat santapan idul fitri, bikin kue lebaran, beres-beres rumah dan itu butuh waktu, tenaga dan pikiran.

Beli Pas Ada yang Cantik

Pernah gak sih pas lagi cuma mau jalan-jalan ke mall tapi gak sengaja lihat baju cantik atau lucu gitu kalo dipake. Baru lihat aja sudah mikir mau dipasangin sama bawahan dan jilbab kayak gimana biar cocok. Mau beli ragu tapi kalo mundur takutnya menyesal pas pulang ke rumah. Akhirnya ujung-ujungnya beli. Pas ini nih kadang keluar duitnya yang gak kira-kira alias impulsif. Syukur-syukur kalo ada diskon. Kalo gak yah hitung-hitung reward buat diri sendiri.

Beli kalo Ada Diskon

Nah, ini sih jurus jitu buat belanja apapun itu termasuk baju lebaran. Yup, Nunggu adanya diskon. Iya, soalnya saya gitu.

Kalo misalnya lagi jalan ke mall misalnya terus gak sengaja lihat ada baju diskon biasanya ngecek siaoa tahu ada yang cocok mulai dari model, harga, hingga bahannya. Kalo cocok yah beli.

Saya dari kecil tuh kalo belanja baju di Matahri itu sudah termasuk yang elit-elit. Jaman dulu yah Matahari termasuk besar banget. Kalo sekarang mah memang sudah banyak yang lebih besar lagi tapi selalu aja balik ke Matahari buat belanja.

Saya kasih tahu yah trik biar bisa belanja baju dengan hemat tuh biasanya di Matahari yaitu saat ada diskon besar-besaran dan biasanya belanja di akhir tahun hingga awal tahun itulah yang paling cocok karena diskonnya gak main-main bisa sampai 80-90%. 

Waktu beli pakaian di Matahari saat diskon emang ada yang sudah di cop buat dipakai nanti saat lebaran atau gak kalo ada acara gitu kayak kondangan, rapat, sehari-hari dan sebagainya. Jadi, pakaian sudah disimpan sampai harinya tiba kayak baju yang dipakai saat lebaran nanti.

Ramayana juga banyak tuh diskonnya tapi diskon paling besar biasanya pas malam takbiran. Ya kali mau ngapel di mall pas takbiran. Belum masak, beres-beres rumah, atau lagi mudik.

Kalo store yang lain tuh biarpun lagi diskon masih tetap mahal makanya gak terlalu hype sama yang lainnya.

Nah, berhubung pakaian yang diskon sebesar itu ada spot-spot khusus dimana pakaian dengan diskon sebesar itu tapi kalo lihai dan cepat dalam melihat dan memilih bisa dapat pakaian dengan kualitas bagus. Cuma yah itu kalo yang diskon sebesar itu barangnya tinggal itu-itu aja jadi kalo nyari warna atau ukuran yang lain mah gak bakal ada. Makanya kita harus pintar-pintar memilih.

Baju Seragam

Biasanya yang mau seragam tuh emak-emak yang pengen pakai baju lebaran yang seragam untuk bapak ibu anak. Bagus sih biar sekalian foto keluarga gitu biar dokumentasi anggota keluarga. Kita kan gak tahu ajal yah dan foto keluarga ini bisa jadi kenangan yang berharga buat yang ditinggalkan apalagi kalo ada anggita keluarga yang masih bayi atau balita.

Khas banget kalo baju seragam lebaran tuh biasanya kalo buat anggota keluarga perempuan palingan gamis atau dress. Kalo anggita keluarga laki-laki lebih sederhana biasanya karena dibuat model baju kokoh atau kemeja.

Sayangnya seragam tuh kalo beli bisa jadi mahal banget. Pernah temenin emak beli baju seragam buat lebaran satunya aja sudah 250 ribu dan itu buat 4 orang. Ya ampun, sudah saya kodein gak usah beli tapi tetap dibeli juga. Lama kelamaan baru nyesal.

Baru deh emak kalo baju lebaran gak mau yang mahal banget. Padahal emak jago jahit dan akhirnya bikin sendiri tinggal beli kain dan aksesoris. Lebih murah sih jatuhnya tapi tenaga dan waktunya emak yang terkuras buat ngejahit.

Pake Baju yang Lama

Tiap lebaran kan tidak mungkin kita dalam kondisi yang memungkinkan untuk punya baju lebaran yang harus baru entah karena kondisi keuangan, tidak punya waktu untuk beli dan lainnya. Lebaran kan pada dasarnya untuk merayakan kita setelah menyelesaikan momen puasa dimana kita berhasil melawan nafsu dan menjadi peribadi yang lebih baik lagi. Selama kita memiliki hati yang bersih maka apapun yang kita kenakan saat selama bersih dan suci maka tidak akan jadi masalah apalagi sampai mengurangi pahala.

Jadi, cek saja lemari pakaianmu dan cek manakah kira-kira pakaian terbaik yang bisa dikenakan. Padu padankan dengan aksesoris biar lebih eye catching.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF