Bahagia Bisa Berbagi, Kali ini Berbagi Info 2022 ASEAN-Korea Academic Essay Contest

April 20, 2022

Dalam hidup ini pasti ada aja saat baik turunnya kayak perasaan kita yang bisa saja bahagia namun bisa saja sedih. Untuk momen bahagia tentu saja saya akan sangat bersemangat untuk menuliskannya dan hal apa saja yanh membuat saya begitu bahagia. Namun, saya tidak segamblang itu untuk membagikan momen sedih dan apa saja yang menyebabkannya karena hanya menambah kesedihan. Jadi, say no share sad story but say yes for share happiness story.

Kalo begitu langsung saja membahas apa sih yang membuat saya bisa bahagia. Nah, saya tuh sekarang jadi suka berbagi atau lebih tepatnya belajar berbagi. Berbagi bisa membuat kita bahagia loh. Kayak saya nih suka berbagi informasi di blog saya tentang lomba-lomba tentang atau diadakan oleh Korea yang terangkum dalam hashtaq K-Contest. Kali ini ada informasi lombai esai untuk mahasiswa yang bertajuk 2022 ASEAN-Korea Academic Essay Contest dan diadakan oleh ASEAN-Korea Centre.

Baca juga:

PERJUANGAN HINGGA AKHIRNYA BERPROFESI SEBAGAI DOSEN DI KAMPUS NEGERI

2021 GLOBAL YOUTH VIDEO COMPETITION

BPN RAMADAN 2021

ASEAN-Korea Centre bekerja sama dengan Korea University ASEAN Center (KUAC) dan Royal University of Law and Economics (RULE) menyelenggarakan 2022 ASEAN-Korea Academic Essay Contest untuk mengundang mahasiswa pascasarjana dan sarjana berkebangsaan ASEAN dan Korea.

Kali ini, ASEAN-Korea Centre berharap untuk menerima proposal dalam mempromosikan hubungan ASEAN-Korea dan saran tentang bagaimana ASEAN dan Korea dapat lebih memperluas dan memperdalam kerja sama mereka menuju kemitraan ASEAN-Korea yang lebih berkelanjutan. Kalian dapat merujuk ke lampiran untuk detail dan persyaratan lebih lanjut.

  1. Pedoman Umum AKC
  2. Pedoman Proposal AKC
  3. Formulir Permohonan & Persetujuan AKC
  4. Rekomendasi Akademik AKC

Dalam hal ini, ASEAN-Korea Centre akan memberikan sesi dengan melalui Zoon pada 30 April, pukul 12:30 (KST) untuk lebih mendukung dan memberikan pemahaman peserta tentang 2022 ASEAN-Korea Academic Essay Contest. Sepanjang sesi, petugas program yang bertanggung jawab akan memberikan gambaran umum tentang kontes dan melakukan tanya jawab langsung. Prapendaftaran tersedia di forms.gle/LNwvyRmsbW8pvY3v7.

Peserta

Semua mahasiswa S1 dan S2 berkebangsaan ASEAN dan Korea

“Hanya diperbolehkan hingga tiga (3) siswa per tim, dengan persetujuan dari penasihat akademik

Latar Belakang

Hubungan yang berpusat di sekitar komunitasnya terus menjadi fokus utama dalam kemitraan ASEAN-Korea. Secara khusus, hal ini telah memberikan peluang besar untuk partisipasi dan keterlibatan yang lebih besar bagi pemuda di kedua kawasan untuk berkontribusi dalam memperkuat kemitraan antara ASEAN dan Korea dan dalam mempromosikan integrasinya. Sebagai masa depan komunitas ASEAN-Korea dan penerima manfaat potensial dari kemitraan ASEAN-Korea yang berkelanjutan, maka penting bagi kaum muda untuk memiliki minat yang konstan pada isu-isu penting bagi hubungan ASEAN-Korea dan membangun perspektif mereka sendiri tentang masa depan hubungan tersebut. .

Dengan latar belakang seperti itu, ASEAN-Korea Center bekerja sama dengan Korea University ASEAN Center (KUAC) dan Royal University of Law and Economics (RULE) menyelenggarakan Kontes Esai Akademik ASEAN-Korea 2022 yang mengundang mahasiswa pascasarjana dan sarjana dari ASEAN dan Korea. berkebangsaan untuk melakukan penelitian dan berbagi perspektif dan pengetahuan tentang hubungan ASEAN dan ASEAN-Korea. Melalui kontes ini, kami berharap dapat menerima esai kreatif dan analitis tentang tantangan dalam mempromosikan hubungan ASEAN-Korea dan saran tentang bagaimana ASEAN dan Korea dapat lebih memperluas dan memperdalam kerja sama mereka menuju kemitraan ASEAN-Korea yang lebih berkelanjutan. Pelamar yang tertarik dapat bekerja sebagai individu atau dalam tim (hingga 3 siswa) dan sangat disarankan untuk bekerja dengan penasihat akademik untuk menulis proposal dan esai akhir.

Tema

Memperkuat Kerjasama dan Memajukan Kemitraan ASEAN-Korea yang Berkelanjutan, melalui salah satu subtema berikut:

(1) Sentralitas ASEAN dan Kepentingan Strategis Kerjasama ASEAN-Korea

Momentum “sentralitas ASEAN” semakin penting, terutama di tengah meningkatnya tantangan yang dihadapi oleh negara-negara anggota ASEAN dan kawasan sekitarnya, seperti dari konflik kekuatan global yang sedang berlangsung. Selama KTT ASEAN ke-34 di Bangkok pada tahun 2019, para pemimpin ASEAN mengadopsi Outlook ASEAN tentang pernyataan Indo-Pasifik yang semakin menegaskan kembali sentralitas ASEAN dalam menangani konstruksi Indo-Pasifik yang berkembang dan meningkatnya ancaman dari isu-isu non-tradisional. Selain itu, pemerintah Korea menjadi tuan rumah KTT peringatan ASEAN-ROK 2019 untuk merayakan peringatan 30 tahun Kemitraan Dialog ASEAN-ROK. Inisiatif ini menandakan komitmen Korea untuk meningkatkan kemitraan strategis dengan ASEAN sambil mendiversifikasi ruang lingkup kerja sama regional. Terlepas dari upaya tersebut, temuan survei dari studi ISEAS (2022) mengamati bahwa ASEAN masih menganggap Korea sebagai mitra strategis kedua yang paling tidak disukai. Dengan demikian, esai ini diharapkan dapat menganalisis tantangan dalam mempromosikan kerja sama ASEAN-Korea dalam konteks sentralitas ASEAN, dan menawarkan saran kebijakan berdasarkan analisis tersebut.

(2) Peluang dan Prospek di Industri Masa Depan

Perekonomian global memasuki Revolusi Industri Keempat. Ini termasuk seperangkat teknologi yang sangat mengganggu yang mengubah sistem ekonomi, yang menawarkan kesempatan kepada orang-orang untuk terhubung dengan lebih baik, dan membantu ekonomi tumbuh dan menjadi lebih kompetitif. Meskipun dampaknya terhadap ASEAN tidak dapat dihindari, lanskap industri akan terlihat sangat berbeda dari yang kita kenal sekarang. Meskipun kami tidak dapat sepenuhnya memprediksi arah atau ruang lingkup transformasi, kami dapat mengambil pelajaran dari masa lalu dan pengetahuan tentang kemampuan kawasan. Dalam hal ini, esai ini diharapkan dapat menganalisis tantangan yang dihadapi ASEAN dalam proses membentuk dan memajukan industri masa depan dan menyarankan bagaimana negara-negara ASEAN dapat bekerja sama dengan Korea untuk mendorong ekonomi yang lebih tangguh dan inovatif.

(3) Meningkatkan Pemahaman dan Persepsi Budaya Bersama

Keragaman budaya merupakan bagian integral dari nilai-nilai ASEAN. Meskipun ada sejumlah inisiatif yang dilakukan oleh organisasi publik dan non-publik untuk memperluas pertukaran budaya dua arah dengan negara-negara anggota ASEAN, survei terbaru yang dilakukan oleh ASEAN-Korea Center (2022), menunjukkan bahwa masih ada kesenjangan dalam tingkat kesadaran dan pemahaman bersama yang dimiliki oleh pemuda ASEAN dan Korea satu sama lain. Karena jarak psikologis dapat mengganggu hubungan yang berorientasi masa depan, membangun pemahaman dan persepsi budaya timbal balik sangat penting. Dalam hal ini, esai ini diharapkan dapat menganalisis tantangan dalam meningkatkan pemahaman dan persepsi budaya timbal balik di antara masyarakat ASEAN dan Korea, dan menyarankan bagaimana menciptakan hubungan yang lebih inklusif, saling menguntungkan, dan berkelanjutan.

Peserta

Kontes ini terbuka untuk semua mahasiswa sarjana dan pascasarjana dengan kewarganegaraan ASEAN atau Korea.

  • Pelamar harus mengajukan proposal sebagai individu atau sebagai tim, terdiri dari maksimal 3 siswa.
  • Pelamar harus menyerahkan formulir rekomendasi oleh penasihat akademik mereka

Bahasa

Kiriman hanya boleh dibuat dalam bahasa Inggris

Proses dan Jadwal

CatatanTanggalNote
Tahap proposal: Pengajuan dan Evaluasi
Batas Waktu Pengiriman2022. 05.29 (Minggu)- Dikirim paling lambat pukul 18:00 (KST) melalui essay@aseankorea.org
- cc rekan satu tim Anda jika ada
Penyaringan Proposal2022.05. 30 (Senin) – 06. 24 (Jumat)Lihat ketentuan Evaluasi
Pengumuman2022.06. 27 (Senin)- Pengumuman akan dilakukan melalui email individu.
- Hanya proposal terpilih yang mengikuti tahapan esai.
Tahap Esai: Pengajuan dan Evaluasi
Batas Waktu Pengiriman2022.09.25 (Minggu)Dikirim paling lambat pukul 18:00 (KST) melalui esai@aseankorea.org
Evaluasi2022.09.26 (Senin) – 10.21 (Jumat)Lihat ketentuan Evaluasi
Pengumuman2022.10.24 (Senin)- Pengumuman publik akan dilakukan di situs web AKC
- Pemenang akan menerima email individu
Upacara Penghargaan dan Presentasi
ASEAN-Korea Forum2022.11.11 (Jumat)- Pemenang hadiah utama akan memiliki kesempatan untuk mempresentasikan esai kemenangan mereka di Forum ASEAN-Korea
- Pemenang hadiah utama akan menyerahkan PPT untuk presentasi 10 menit di Forum.
2022.11.25 (Jumat)- Pemenang hadiah utama akan menyerahkan PPT untuk presentasi 10 menit di Forum.

Evaluasi

Semua entri yang memenuhi syarat yang diterima akan dinilai oleh panel juri yang memenuhi syarat dari ASEAN dan Korea.

Kriteria Evaluasi/ Nilai
Pertanyaan penelitian
Importance – kontribusi untuk mempromosikan hubungan ASEAN-KoreaPuzzle – orisinalitas dan kreativitas, sulit dijelaskan dengan studi sebelumnya
30%
Argumen
Relevance – jawaban yang tepat (hipotesis) untuk pertanyaan penelitian
Logic – penjelasan kausal yang meyakinkan
25%
Metodologi & Bukti
Metode yang tepat untuk menawarkan bukti
Bukti bagus untuk mendukung argumen
25%
Saran Kebijakan
Saran dan rekomendasi yang realistis dan layak berdasarkan analisis mekanisme kausal
15%
Sumber dan Referensi
Penggunaan yang tepat dari APA edisi ke-7
Penggunaan referensi yang tepat, termasuk kutipan dalam teks dan bibliografi
5%

Dokumen yang Dibutuhkan untuk Pengiriman

TahapDokumen
Tahapan dokumenProposal
Formulir aplikasi & Formulir persetujuan
Formulir rekomendasi (oleh penasihat)
Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa
Tahapan esaiEsai (dengan abstrak)
- Maks. 5.000 kata (tidak termasuk referensi)
- Times New Roman, 12 poin, 1,5 interlinear
- Microsoft Word

Tahapan

  • Proposal terpilih akan diumumkan melalui email individu
  • Pedoman tambahan untuk tahap esai akan diberikan setelah pengumuman proposal terpilih

Hadiah

  • Hadiah Utama (3 tim): KRW 2.000.000
  • Excellence Prize (3 tim): KRW 1.000.000
  • Hadiah Merit (3 tim): KRW 500,000

*Pemenang Hadiah Utama akan memiliki kesempatan untuk mempresentasikan esai kemenangan mereka di ASEAN-Korea Forum (sementara dijadwalkan pada 25 November 2022).

Aplikasi

Semua yang dikirim harus ditulis hanya dalam BAHASA INGGRIS dan dikirim melalui email ke essay@aseankorea.org.

Notes

  • Silakan mebgunjungi situs web AKC (www.aseankorea.org) untuk panduan lebih lanjut tentang pengiriman.
  • Proposal yang berhasil akan diberitahukan melalui email. Proposal terpilih akan diberitahukan melalui email pada 27 Juni 2022.
  • Hanya proposal terpilih yang akan melanjutkan ke tahap esai.
  • Seluruh peserta yang mengikuti tahap essay akan mendapatkan sertifikat keikutsertaan
  • Pemenang Grand Prize akan diundang untuk mempresentasikan esai pemenang mereka di ASEAN-Korea Forum pada November 2022

Kontak

Untuk setiap pertanyaan, silakan hubungi kami di:

Unit Informasi & Data, ASEAN-Korea Centre

Telp: +82 2 2284-1144 

Email: essay@aseankorea.org

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF