Ngumpul di Acara Bukber ADSPACT dan Curhatannya

April 17, 2022

Hari ini mau curhat nih. Curhatnya yang seru-seru aja deh kayak saya waktu ikut acara buka bersama (bukber) dua hari lalu bersama dengan teman sekelas saat SMA Kelas 12 IPA 4, sebut saja ADSPACT. Bukber memang menjadi agenda rutin tahunan ADSPACT sejak kami semua lulus SMA. Agenda yang menjadikan salah satu momen yang bisa mengumpulkan banyak massa di antara kami dari total 44 siswa menurut catatan terakhir jumlah siswa di kelas kami.

Bukber ADSPACT ini untuk menjaga tali silaturahmi terutama bagi kami yang lama tidak berjumpa. Maklum saja karena beberapa dari kami sudah merantau ke daerah lain yang sudah beda kota, provinsi maupun pulau. Ada juga yang masih sama-sama kerja di Makassar tapi karena sibuk yah jarang ketemu. Untuk beberapa orang sih emang sering ketemu dan ngumpul sisanya nunggu momen penting kayak nikahan dan termasuk yah bukber ini.

Baca juga:

PILIH MONETIZE NAN SANTUY BLOG, SANTUY TAPI TETAP DAPAT DUIT

ADSPACT GATHERING 2020 - BULUKUMBA & BANTAENG

BPN RAMADAN 2021

Ada Panitia

Agenda itu bakal berjalan lebih lancar kalo ada panitianya kayak ADSPACT itu kalo ada acara atau gimana pasti ada panitia yang sibuk mempersiapkan. Saya sebutnya "panitia abadi" karena yang jadi panitia orangnya itu- itu aja dan jaranf banget ada perubahan. Paling kalo ada perubahan misalnya orangnya udah di luar kota dan terlalu jauh buat tetap jadi panitia.

Panitia abadi ini yang mulai mempersiapkan segalanya mulai dari penetuan tanggal. Waktu seluruh umat muslim Indonesia lagi menanti hasil sidang isbat buat nentuin puasa pertama, kalo kami anak ADSPACT menanti hasil rapat panitia buat bukber di malam itu.

Untungnya saya pernah request saat ngumpul sebelum lebaran jangan sampai acara bukbernya pas weekend dan minggu kedua di Bulan April karena pasti sudah di take buat acara arisan keluarga setiap bulannya dan ternyata emang benar pas minggu kedua. 

Hasil Rapat Pertama

Hasil rapat semalam kemudian diumumkan di grup yaitu rencananya bukber diadakan pada 15 April 2022 namun tempatnya masih ada opsi yaitu Maxone Hotel dan Grand Mall Maros dengan budget diusahakan kurang dari 100 ribuan tapi pengen sistem all you can eat gitu. Nah, waktunya ini sudah pas dan kemungkinan gak bakal diubah tapi tempatnya masih bisa diusulkan yang lebih efesien. 

Efesiennya maksud kami yah bisa makan sepuasnya apalagi kalo bisa bungkus, bisa ngumpul sampai larut, dan lokasinya yang strategis. Dengan pertimbangan ini akhirnya opsi dua tempat yang tadi akhirnya batal dan karena ada salah satu teman yang bersedia maka kami memilih untuk bukber di rumahnya. Oke, tempat beres. 

Masalah selanjutnya adalah menu bukbernya. Mau masak sendiri tapi akan sangat merepotkan apalagi pas cuci piringnya adeuh kayaknya saya mau lepas tangan aja deh. Nah, kalo mau katering itu akan mahal karena ada minimal pemesana yang didominasi 100 porsi. Lah, kami kalo dihitung-hitung berdasarkan bukber di tahun-tahun sebelumnya rata-rata palingan 20-an orang yang ikut bukber. Akhirnya nemu katering yang bisa paling rendah minimal 50 porsi dengan opsi dua katering tapi kalo dihitung-hitung masih mahal jatuhnya buat perorang yang bisa lebih dari 100 ribuan Rusuh deh, perdebatannya lama banget karena maunya gak ribet tapi tetap makan enak. Ada yang usul gimana kalo bagi-bagi tugas ada yang siapin nasi, lauk, takjill tapi di rumah masing-masing. Ini sedikit aja yang setuju akhirnya skip. 

Lama berdebat soal sampai chaos. Eh, maksudnya diskusi. Diskusinya di whatsapp grup dan grup jadi heboh banget. Sampai ada yang kasian deh kayaknya lihat kami berdebat cari yang murah sampai ada yang mau nyumbang beberapa ratus ribu tapi harus katering. Akhirnya grup mulai kalem setelah memilih katering yang mau dipake dan yang dipilih itut yang kenalan dari satu dari kami. Yoweslah.

Enaknya, budget perorang akhirnya bisa dipress seminimal mungkin jadi 50 ribu per orang dengan pilihan harga menu Rp. 29.000 per porsi.  Itupun masih ada sisa duitnya dan itu urusan panitia karena saya gak mau ambil pusing. Paling dipake buat tambah untuk kegiatan baksos Ramadan kami nanti. Baru deh ditunjuk satu orang yang jadi bendahara dan dia emang udah sering jadi bendahara kalo ada kegiatan di ADSPACT.

D-Day

Tibalah waktunya kami buat bukber.

Berhubung lokasinya dekat rumah jadi gak takut telat atau kena macet. Jam 4 baru mulai nyetrika pakaian yang mau dipakai. Setelah itu masih sempat leyeh-leyeh karena kuliat di grup di tkp masih sepi. Jam setengah 5 baru mandi terus siap-siap sambil pantau grup kondisi terkininya kayak gimana dan baru deh jam 5 otw kesana pake ojol.

Sampai disana sudah ramai karena sudah banyak yang datang. Yang cowok nunggu di luar tarus cewek di dalam sambik cerita-cerita dan lihat aksi bocah-bocah. Makanan kateringnya juga sudah ada. Cuma yang bawa anak cuma dua orang sedangkan anaknya tuan rumah sampai dititipin di rumah nenek karena pasti ibunya gak bakal bisa bergerak kalo anaknya tetap di rumah. Kasian sih tapi gimana karena emaknya mau siapin takjil buat bukber kayak bolu marmer, pisang goreng nugget dan bakwan.

Adzan Magrib

Nah, biar pas kita semua di dalam rumah sambil duduk rapi nunggu buka puasa. Masih muat sih. Pas mau buka puasa kan gak lupa tuh sesi foto bareng dan ternyata udah adzan magrib tapi banyak gak sadar. Mana ada orang di depan rumah kayaknya baru datang dan kita yang di dakam mau buruan foto terus buka puasa. Yang di dalam udah teriak buar yang baru datang tuh cepetan masuk. Btw yang baru datang itu teman kami yang super duper heboh. Kalo ada dia udah pasti fix berisik. Sambil nunggu dia masuk masih sempat kutenggak air mineral buat batalin puasa.

Saat semua sudah di dalam langsung buruan ambil foto yang kebanyakan rusuhnya. Pas sudah foto baru deh semua pada buka puasa dimana semunya sibuk makan. Ternyata es cincau belum dihidangkan baru deh yang terdekat dengan minuman itu yang ngurusin terus dibagikan kesemuanya. Segar rasanya kalo buka pake es tuh cuma saya kurangi biar gak gampang flu.

Habis makan takjil yang cowok oada perfi salat di masjid karena kalo di rumah gak bakal cukup toh masjidnya juga dekat. Yang cewek salat di kamar tapi satu per satu karena hanya muat beberapa orang.

Pas magrib ada anak teman yang mau banget keluar depan rumah sambil nunjuk-nunjuk padahal kan kalo magrib anak-anak sebaiknya masuk ke dalam rumah. Adeuh, bikin merinding aja cuma gak mau sampai dibawa takut. Tapi si bocah tadi masi rewel ya udah saya gendong aja ke depan berhubung masih ada lagi teman yang mau datang dan udah datang tapi dia belum pernah kemari jadi saya kedepan rumah biar kelihatan. Mana sempat digonggong anjing tetangga jadi masuk lagi deh karena teman yang baru datang juga mau ke masjid dulu.

Pas makan nunggu giliran pas akhir-akhir karena malas banget kalo ngambil makanan terus diburu-buruin. Sayangnya pas buka karena kebanyakan makan bakwan sama minum es cincau sambill nunggu giliran ambil makanan akhirnya makanan jadi banyak yang sisa. Mubasir banget tapi sudah gak sanggiup habisin. Salahku juga sih ngambilnya kebanyakan tapi gak enak kalo kelihatan sisa makanan yang banyak. Jadi, kuakali dengan minta piring makanan teman yang sudah makan buat disatuin sisa makannya dan disusun rapi. Kan ujung-ujungnya juga bakal dirapiin. Aman deh...

Colombus 2022

Pas mau foto bareng lagi ada yang ngide buat bungkus makanan aja dulu. Disitulah semunya mulai ricuh jadi Colombus alias kelompok bungkus-bungkus. Rusuh banget. Lihat di video aja yang sempat saya abadikan. Aslinya sih lebih rusuh lagi dan lebih lama. Mana teman yang punya kenalan si katering jadi sibuk banget karena nama dia yang jadi jaminan wkwkwk. Mana temanku yang si berisik itu heboh banget bungkus makanan banyak banget katanya biar gak mubasir tapi emang makanannya jadi sisa banyak banget. Saya aja bungkus taoi gak semuanya kayak es cincau, kue sama sambal daging karena tahu masih ada makanan di rumah. Takut mubasir juga kalo kebanyakan bungkus.

Foto Bareng Lagi

Saat semunya yang pengen bungkus sudah bungkus dan ada teman yang mau pulang. Akhirnya kita foto lagi dengan posisi random menyesuaikan tempat. Mana jilbabku berantakan banget karena gak lihat cermin pas pasang jilbab saat salat magrib tadi.

Sesi Bebas

Setelah foto bareng yang mau pulang bisa pulang, yang mau salat isya lanjut tarwih dan witir juga bisa dan sisanya tinggal saling bercerita tapi cenderung ghibah sih. Kan biasa tuh cerita cuma satu eh menyerambet ke lain.  Disini juga kami kebanyakan hanya sibuk tertawa dengar teman yang berisik itu mengeluh karena belum ketemu jodohnya. Padahal diantara kami masih banyak yang belum nikah tapi entah dia udah capek banget. Pokoknya dia sudah kayak stand up comedy deh. Semua capek ketawa.

Lama berkumpul dan bercerita ria gak terasa sudah setengah 10. Kami mulai beres-beres merapikan semuanya. Makanan kateringnya ternyata masih ada jadi sesi bungkus dilanjut lagi biar peralatan katering bisa dikepak dan dikirim ke rumah pemilik katerinya. Tetap yah yang paking sibuk urusin peralatan katering itu teman kami yang punya kenalan katering.Karpet juga di beresin karena punya teman lain yang bawa lalu nyalu lantai. Setelah semua beres baru deh kami pulang satu per satu. 

Go Home

Saya sama teman satu lagi pulangnya nebeng ke teman yang bawa mobil karena masih searahlah ceritanya.

Sampai di rumah bungkusan ku buka terus panggil adek buat nyobain. Adekku pas sore sebelum berangkat tadi sudah bilang kalo bawa bungkusan saat pulang wkwkwk. Setelah itu langsung ke kamar, cuci muka dan main hp bentar. Eh pas main hp sudah ada notif dari grup berupa dokumen. Kayaknya foto dan video bareng saat bukber tadi. Baru deh terus tidur.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF