Banyaknya Platform Streaming Harus Pintar-Pintar Memilih, Kamu yang Mana?

April 23, 2022

Semakin berkembang zaman semakin berkembang pula teknologinya salah satunya buat nonton. Dulu jaman saya dari masih kecil kalo mau nonton yah di tv aja. TV sudah jadi barang primer kalo di rumah mah. Kalo ke bioskopnya gak semua orang suka dan bisa. Paling ke warnet nonton lewat Youtube.

Sekarang mah tv sudah jadi barang sekunder karena kalo mau nonton bisa lewat hp atau laptop yang penting terkoneksi dengan internet. Apalagi dampak pandemi COVID-19 yang membuat bioskop ditutup  dalam waktu yang sangat lama membuat platform nonton streaming yang makin berjamur mulai dari platform lokal hingga mancanegara. Maka makin banyak pula yang jadi pilihan kira-kira platform mana yang harus digunakan. Bahkan beberapa orang sampai menggunakan lebih dari satu platform.

Baca juga:

PALING BERKESAN, FILM INI MASIH FAVORIT HINGGA SEKARANG

WISH LIST DI TAHUN 2022, ADA YANG BUTUH BANGET

BPN RAMADAN 2021

Berikut ini akan saya ulas sedikit platform rekomendasi dari saya mukai dari Netflix, Disney+ Hotstar hingga Viu.

Netflix

Netflix termasuk platform streaming yang tersedia secara online yang lagi ngetren sekarang. Netflix menayangkan berbagai acara TV pemenang penghargaan, film, anime, dokumenter, dan lainnya selama terhubung ke internet.

Netflix menjadi platform streaming yang didirikan oleh perusahaan Amerika Serikat yang berpusat di Los Gatos, California sejak tahun 1997 dan Netflix baru rilis secara resmi di Indonesia 6 Januari 2016.

Untuk bisa menikmati acara yang ditayangkan oleh Netflix kalian hanya perlu membayar sebesar Rp. 54.000 hingga Rp. 186.000 per bulan baik melalui smartphone, tablet, Smart TV, laptop, atau perangkat streaming lainnya.

Nah, kalo yang saya suka dari Netflix itu karena banyak menayangkan drama Korea. Tetap yah nyari drama korea. Drama Korea yang ditayangkan ratingnya bagus sih rata-rata. Belum lagi drama Korea yang digarap Netflix itu keren-keren dan jadi daftar yang mesti banget buat ditonton yang termasuk dalam kategori Netflix Original seperti All of Us, are Dead dan Juvenille Justice.

Kabarnya Neflix mau turunin biaya langganannya tapi bakal ada iklannya. Hmmm.. seperti nonton di YouTube tapi yang bukan premium kali yah.

Disney+ Hotstar

Kalo Disney+ Hotstar ini platform layanan streaming yang menayangkan blockbuster Hollywood dan konten yang memenangkan berbagai penghargaan dari Disney, Marvel, Star Wars, Pixar, National Geographic, dan lainnya termasuk film dan konten eksklusif Indonesia. Tentu saja sudah termasuk film baru dari Disney+ Originals.

Awalnya layanan Hostar diluncurkan di tahun 2015 baru kemudian pada April 2020 diakuisisi oleh layanan Disney+ hingga mnejadi Disney+ Hotstar. Disney+ Hotstar merupakan layanan streaming dimiliki oleh Star India, anak perusahaan dari The Walt Disney Company yang berkantor pusat di California. Baru pada 5 September 2020, Disney+ Hotstar secara resmi masuk ke Indonesia.

Kalian hanya perlu membayar sebesar Rp. 39.000 untuk per bulan atau bisa mengambil paket setahun dengan biaya sebesar Rp. 199.000 denga keunggukan seperti tayangan dapat diunduh, streaming dengan kualitas HD, streaming di beberapa perangkat sekaligus, dilengkapi dengan audio atau teks berbahasa Indonesia, bebas iklan, dan audio dolby.

Kalo suka nyari tontonan film barat mesti pilih Disney+ Hotstar sih tapi ada juga kok tontonan Asianya termasuk drama Korea.

VIU

Kalo VIU ini khusus menayangkan seria drama Asia mulai dari film Indonesia, film India, film Jepang, drama Korea, dan acara TV Asia lainnya dan tentu saja bisa dinikmati dengan subtitle berbahasa Inggris dan Indonesia.

Viu diluncurkan di Hongkong pada tanggal 26 Oktober 2015 yang semula bernama sebagai freemium. Baru pada 26 Mei 2016, Viu memasuki Indonesia secara resmi.

Viu ini ada dua pilihan kalo mau nonton. Ada paket dasar dan paket premium. Kalo paket dasar bisa dinikmati secara gratis tapi hanya bisa mengakses 70% dari tayangan streaming yang bisa dinikmati. Kalo mau mengakses semua tayangan yang ada di Viu yang harus berlangganan ke paket premium yang dikenakan Rp. 39.000 per bulan.

Viu ini peringkat pertama loh sebagai platform yang banyak digunakan si Asia Tenggara. Wajar aja sih karena menyediakan tontonan yang Asia apalagi stok drama Korea juga banyak.

Pilih yang Mana?

Sebenarnya kalo bisa milih yang offliine aja alias nonton di rumah karena kalo langganan platform lagi harus keluar biaya lagi apalagi kalo harus rutin tiap bulan. Sekali dua kali aja sih gak papa biar gak tekor. Entar aja pas sudah punya rumah sendiri yang bebas mau ngapain. Kalo nanti ngekost juga masih hitung-hitungan. Apalagi masing-masing platform punya tayangan yang berbeda jadi gantian aja kallo mau langganan. 

Toh kalo film Indonesia bentar lagi tayang di Indonesia makanya gak terlalu hype. Makanya kalo nonton film luar negeri mah baru langganan sekali dua kali di platform streaming ataupun milih nonton di bioskop aja. Ini pendapat saya pribadi yang bisa saja berbeda dengan pendapat kalian. Jadi, jangan terlalu dibuat pusing.

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF