Cerita Random Berpuasa Saat Pandemi

April 03, 2022

Gak terasa yah sampai sekarang masih pandemi padahal kalo dilihat kebelakang kita udah struggle banget buat bertahan hidup. Artinya sudah sejak tahun 2020 hingga sekarang ini. Gak nyangka juga yah sudah masuk tahun ketiga. 

Tiga kali puasa

Tiga kali lebaran

Udah kayak lirik lagunya Bang Toyib deh jadinya wkwkwk...

Sebenarnya tuh kalo tentang puasa di saat pandemi tuh gimana yah nulisnya? Paling hanya ada beberapa wow dan sisanya biasa aja. Makanya tulisan kni tuh rada-rada random dan nabrak banget nulisnya. Seperti cuitan twitter yang dikumpulkan jadi satu.

Oh ya, cerita random ini masih tetap menjadi bagian dari BPN Ramadan 2022.

Baca juga:

MASIH PUASA PERTAMA UDAH MIKIRIN BUKBER ALL YOU CAN EAT DIMANA

3 ALASAN MENGIKUTI BPN 30 DAY RAMADAN BLOG CHALLENGE

BPN RAMADAN 2021

2020

Masih ingat gak kalian sama kasus pertama COVID-19 di bulan Maret? Sepertinya hal ini menjadi awalnya dimana situasi pandemi mendera negara kita, Indonesia dan kemudian menyebar dengan cepat. Momen ini juga berbekas banget diingatan karena harus buru-buru pulang ke Makassar padahal sebenarnya masih mau lama stay di Bogor. Iya, emang banyak yang berubah. Berbagai kebijakan diterapkan pemerintah untuk melakukan PPKM hampir di setiap pelosok daerah. Serba dibatasi.

Tak lama setelah itu, bulan puasa yang bertepatan dengan Ramadan 1441 H pun tiba dan akhirnya terkena imbasnya.

Selama Ramadan di tahun 2020 tak pernah sekalipun saya keluar rumah tanpa ada kepentingan yang mendesak. Apalagi untuk berkumpul baik dengan keluarga maupun dengan  teman.

Masjid di komplek rumah pun sampai tidak mengadakan ibadah berbuka puasa bahkan shalat tarawih dan witir bersama atas anjuran pemerintah saat itu. Meskipun masih ada yang mangadakan namun tetap saja lokasinya terlalu jauh dari rumah dan menurutku terlalu beresiko saat itu.

Salah satu yang paling datang saat Ramadan adalah undangan buka puasa bersama (bukber) dari mana saja mulai dari keluarga, kolega kantor, dan teman. Itupun untuk teman masih dibagi lagi untuk ketagori teman SD, SMP, SMA, kuliah, kantor dan sebagainya. Sayangnya, tak ada satu pun yang saya hadiri. Walaupun kalo ada agenda bukber, saya hanya datang ke acara keluarga dan teman dekat saja. Itu karena pribadiku yang cenderung pendiam dan kaku kalo bersama orang yang tidak terlala akrab dan saya gak suka dengan keadaan itu. Enaknya dengan alasan pandemi saya jadi bisa menolak ajakan untuk kumpul tanpa harus merasa tidak enak.

Jadi, saya bisa punya waktu lebih banyak di rumah jadi bisa fokus menjalankan ibadah puasa dan ibadah lainnya seperti tadarrus Al-Quran.

2021

Situasi puasa di tahun 2020 sudah mulai agak longgar. Ramadan di tahun 2020 saat itu jatuh pada 12 April hingga 12 Mei.

Puasanya masih tetap di rumah aja karena masih nganggur dan belum dapat kerjaan lagi setelah dikontrak beberapa hari jadi peneliti di akhir maret. Itu pekerjaan pertamaku setelah lulus, sekedar info aja sih hehehh.

Kalo soal puasanya sih gak ada bedanya tapi kalo bukbernya baru ada yang beda. Akhirnya sudah berani buat terima ajakan bukber baik dari keluarga maupun teman yang menjadi ajang kumpul-kumpul, berbagi cerita dan sebagainya.

Eh, saya sempat sakit juga. Kayaknya pas awal bulan puasa jadi gak puasa entah 2-3 hari, lupa anjir. Orang rumah emang ada yang habis sakit dan drop lah diriku. Recovery sih yang lama jadi lebih banyak istirahat meskipun udah bisa puasa. Kebanyakan istirahat malah bikin.

Eh, pas tahun 2021 sudah bisa bukber dan tarwih di masjid komplek tapi gak ada ceramah setelah salat isya. Biasanya karena kelamaan dengar ceramah malah jadi ngantuk jadi dienakin aja sih. Cepet juga selesainya.

Ada lagi nih momen yang gak bakal kulupain saat puasa di tahun 2021. Di suatu sore saat mendekati waktu berbuka puasa di penghujung ramadan dan kayaknya sudah masuk Mei deh, saya mendapat berita bahagia bahwa lamaran yang saya ajukan ke ASEAN Foundation di awal April telah diterima dan langsung lanjut pelatihan setelah mengirim persetujuan menerima pekerjaan itu. Waktu itu daftar jadi Enumerator tapi pas diterima malah digiring ke Qualitative Data Collector. Nominalnya gak nyangka sih bakal dibayar segitu. Senang banget lah. Mana saya kan minim pengalaman profesional di dunia kerja namun karena pengalaman sebelumnya yang relate dengan kerjaan yang saya daftar. Yang daftar si Makassar juga dikit deh makanya saya yang diterima. Emang deh, berkah bulan ramadan. Berbuka dengan kabar baik ternyata melegakan yah wkwkwk.

2022

Situasi sekarang ini udah longgar banget sih. Pemerintah sudah memperbolehkan kami penduduknya yang beragama muslim agar bisa mengadakan bukber hingga shalat tarwih bersama. 

Puasa tahun ini pun masih full day di rumah karena masih nunggu SK keluar dan panggilan dari satuan kerja. Sambil nunggu jadi menyibukkan diri dengan ngeblog dan hal berfaedah lainnya biar dapat pemasukan, kan lumayan buat jajan atau nambah-nambah buat beli Hp dan laptop. Mudah-mudahan bisa segera kebeli deh, aamiin.

Nah, untuk bukber di masjid komplek pun juga sudah ada namun yang disediakan hanya secukupnya mengingat situasi belum sepenuhnya normal kembali.

Saat tarawih di masjid komplek sih orang-orang udah gak pake masker. Berhubung yang datang juga sedikit. Kalo tahun lalu emang gak ada sekalipun ceramah diantara salat isya dan salat tarawih maka tahun ini sudah dikondisikan. Kondisinya tuh penceramah gak disiapin secara khusus tapi dari jamaah yang hadir apakah bersedia memberikan cermah atau gak.

Kalo bisa milih sih, saya sih lebih suka gak ada ceramah. Kalo pun ada yang ceramah tuh gak usah lebih dari 15 menit entar keburu bosan, ujung-ujungnya ngantuk dan jadi gak khusuk atau malah gak sahkan salatnya. 

Nah, saya kan ngikutin Muhammadiyah yah jadi puasa pertamanya tanggak 2 April. Nah, sehari sebelumnya kan sibuk nyelesaiin nonton drama korea Thirty Nine karena nanggung sisa beberapa episode. Gara-gara itu sampe gak baca berita sidang isbat yang lagi nentuin puasa pertama. Malamnya, saya dengan sotoynya ngajakin adek  ke masjid komplek buat salat tarwih. Saat itu yang hadir juga sedikit, mungkin sekitar 5 orang atau lebih dan yang perempuan cuma saya dan adek. Nah, kan salat Isya dulu kan. Saya tungguin salat tarwih tapi kok malah pulang. Ternyata belum tarwih dan jadi nyadar besok belum puasa pertama. Pulang deh tuh. Oh iya, masjid komplek ikut yang umum soalnya.

Puasa pertama agak serek nih tenggorokan tapi alhamdulillah lancar sih puasanya. Nah, emak kan keluar sorenya tuh terus bawa pulang kue tapi cuma 2 macam itupun dikit. Katanya cuma itu yang sisa kuenya. Oh iya, nyadar lagi kalo yang lain belum mulai puasa jadi belum banyak yang jual kue. Untung di rumah ada nutrijel jadi itu yang dibikin buat buka puasa di rumah. 

Masih awal banget nih buat bagi cerita tentang puasa di tahun ini. Jadi, segitu aja deh dulu. 

See you tomorrow in different topic~

You Might Also Like

2 komentar

  1. nggak nyangka ya udah 3 tahun pandemi dan kondisi saat ramadhan juga ga berbeda jauh dengan tahun sebelumnya, malah awal pandemi, ga dibolehin solat tarawih rame rame di masjid umum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi nostalgia pas tahun 2020 strict banget jadi gak bisa kemana-mana,karena takut tertular juga, tarawih juga gak diadain di komplek sampai banyak yang bolong. Udah lebih baik sih kalo sekarang

      Delete

Terima kasih telah mengunjungi aindhae.com. Silahkan komentar dengan bijak. No spam please!
Link error? Tell me please.

ARSIP

PART OF